Menu
Peternak Info

Tips Memasak Susu Sapi Segar dengan Alat Sederhana

Tips Merebus Susu Sapi dengan Peralatan Sederhana

Susu sapi merupakan salah satu bahan pangan yang dianjurkan untuk dikonsumsi di tengah pandemi Covid-19. Bukan tanpa alasan, susu sapi memang mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang bisa menjadikan imunitas tubuh semakin memningkat. Lemak alami pada susu dapat membantu tubuh menyerap Vitamin A dan D. Dimana vitamin D adalah salah satu vitamin yang disarankan untuk dikonsumsi dalam pencegahan Covid-19. Bahkan susu sapi sudah menjadi salah satu pangan sehat sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

 

Namun ternyata masih banyak masyarakat yang bingung tentang bagaimana cara merebus susu dengan baik dan benar menggunakan peralatan sederhana. Kita tidak harus menggunakan peralatan canggih seperti di prabrik untuk memasak susu. Kita dapat melakukan proses pasteurisasi sederhana dengan peralatan sederhana yang ada di dapur kita. Pasteurisasi adalah proses pemanasan setiap partikel susu pada temperatur dan waktu tertentu agar tidak ada kontaminasi bakteri pada susu tersebut. Pasteurisasi dapat dilakukan salah satunya dengan pemanasan pada suhu 71,1 derajat Celcius selama 15 detik.

 

Lalu bagaimanakah cara memasak susu sapi segar yang baik dan benar menggunakan peralatan sederhana? Bagaimana merebus susu sapi agar tidak pecah? Karena jika salah dalam proses pasteurisasi, susu sapi segar justru akan rusak dan tidak dapat dikonsumsi. Jika dipaksakan untuk dikonsumsi juga tidak akan bermanfaat untuk kesehatan kita. Nah berikut ini sudah kami rangkum tips mengolah susu sapi segar ala rumahan. Tips ini dapat ada praktekan dirumah karena hanya membutuhkan peralatan sederhana yang mudah anda temukan di dapur rumah anda.

 

Tips Cara Pasteurisasi Susu Sapi Secara Sederhana

Tips Pasteurisasi Susu Sapi Segar Secara Sederhana

Pertama-tama yang perlu disiapkan adalah susu sapi segar. Kemudian perlu juga disiapkan wadah untuk memasak, bisa menggunakan panci stainless steel. Ukunran panci dapat disesuaikan dengan jumlah susu yang akan direbus. Kita juga memerlukan kompor sebagai pemanas susu sapi yang akan dimasak. Kita juga memerlukan pengaduk, tentu saja fungsinya untuk mengaduk susu yang kita rebus agar tidak pecah. Jika ada, siapkan juga termometer masak, nantinya akan digunakan untuk mengukur suhu susu sapi yang kita masak. Namun jika tidak memiliki termometer tidak apa. Siapkan juga saringan untuk menyaring susu sapi.

 

Langkah pertama dalam memasak susu sapi adalah menyiapkan pancinya. Kemudian saring dan tuang susu sapi kedalam panci yang sudah disiapkan. Jangan isi panci hingga penuh agar susu sapi tidak meluber ketika dipanaskan. Panaskan susu murni yang berada didalam panci dengan menggunakan kompor. Atur api pada kompor pada jenis api kecil. Gunakanlah termometer masak untuk mengukur suhu susu sapi yang dimasak. Tunggu hingga suhu susu berada di sekitar 72 derajat Celcius. Jika telah mencapai suhu tersebut jangan buru-buru dimatikan apinya. Tunggu selama 15 detik baru kemudian kompor dimatikan.

 

Jika anda belum memiliki termometer, anda dapat menggunakan patokan berikut ini dalam memasak susu sapi secara baik dan benar menggunakan peralatan sederhana yang mudah didapatkan di dapur kita. Diamkan susu selama memasak, tidak perlu diaduk. Hal ini karena kita akan berpatokan pada lapisan lemak yang terbentuk pada bagian atas susu yang sedang kita masak. Lapisan ini dapat dijadikan indikator seberapa panaskah susu yang sedang kita masak. Terus perhatikan agar kita tidak salah dalam merebus susu sapi segar.

 

Lapisan lemak tipis biasanya akan mulai terbentuk ketika susu yang kita pasteurisasi mencapai suhu sekitar 50 derajat celcius. Pada suhu 70 derajat Celcius, lapisan lemak sudah menutupi seluruh permukaan susu, dan mulai timbul gelembung-gelembung udara yang terperangkap di bawah lapisan lemak tersebut. Jika sudah ada pada kondisi yang seperti ini makan anda hanya perlu menunggu selama 15 detik. Kemudian anda dapat mematikan kompor agar susu yang direbus tidak pecah. Bahkan jika terlalu panas justru dapat merusak susu sapi yang sedang direbus.

 

Proses selanjutnya adalah memberi gula atau perasa lainnya sesuai keinginan anda. Jika anda menyukai rasa asli susu sapi maka anda tidak perlu menambahkan apapun pada susu yang telah anda pasterurisasi. Dinginkan segera susu tersebut hingga suhu 35 derajat Celcius atau sesuai dengan keinginan anda. Kemudian masukkan susu pasteurisasi kedalam wadah dan tutup dengan rapat. Simpan susu hasil pasteurisasi pada suhu 1-4 derajat Celcius. Penyimpanan susu pasteurisasi pada suhu ruang dalam waktu yang lama dapat merusak susu.

 

Demikanlah sedikit informasi mengenai cara memasak susu sapi dengan baik dan benar. Semoga tips pasteurisasi susu sapi secara sederhana ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih telah berkunjung ke Peternak Info. Sampai jumpa pada postingan yang lainnya.

Tidak ada komentar