Menu
Peternak Info

Tips Memasak Telur Ayam agar Lebih Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

Tips Memasak Telur Ayam agar Lebih Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

 

Telur ayam adalah salah satu bahan makanan yang disarankan untuk dikonsumsi di tengah pandemi Covid-19. Bahkan sebelum ada pandemi Covid-19, telur ayam telah kerap disajikan sebagai menu makan sehari-hari. Ini karena telur ayam adalah salah satu sumber protein yang terjangkau untuk berbagai kalangan. Telur ayam juga cukup mudah pengolahannya untuk menjadi masakan. Meskipun telur ayam mengandung banya gizi dan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, namun ternyata masih banyak juga masyarakat yang masih ragu untuk mengkonsumsi telur. Masih banyak yang bertanya-tanya apakah mengkonsumsi telur ayam benar-benar sehat.

 

Padahal telur ayam adalah sumber protein hewani dan juga vitamin D. Kandungan ini yang membantu kesehatan tulang dan daya tahan tubuh, serta kolin yang membantu metabolisme dan menunjang fungsi hati. Oleh karena itu telur menjadi salah satu bahan pangan yang dianjurkan untuk dikonsumsi di tengah pandemi Covid-19. Nutri dalam telur ayam dapat membantu kita dalam melawan serangan virus corona. Meski harganya cenderung terjangkau, namun manfaatnya sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit.

 

Manfaat telur ayam yang lainnya adalah ibu hamil akan mendapatkan asupan gizi untuk penrkembangan otak janin yang dikandungnya. Kuning telur juga baik untuk kesehatan mata. Kandungan kuning telur adalah lutein dan zeaxanthin. Keduanya dapat mengurangi resiko katarak dan kebutaan pada kaum lansia. Meskidemikian, kita tetap harus berhati-hati dalam mengkonsumsi kuning telur. Karena kuning telur juga merupakan sumber kolesterol. Sebaiknya hanya mengkonsumsi paling banyak 2 kuning telur dalam satu hari.

 

Cara memasak telur ayam ternyata juga dapat mempengaruhi nilai gizi dan nutrisi pada olahan telur ayam. Oleh karena itu sebaiknya kita memasak telur ayam dengan cara yang lebih sehat. Agar telur yang kita makan juga lebih sehat. Sehingga kita mendapatkan manfaat dari telur yang kita makan. Kita berharap tetap sehat meski saat ini sedang terjadi pandemi Covid-19. Lalu, bagaimana cara memask telur yang dianggap lebih sehat? Berikut ini informasi yang telah berhasil kami rangkum untuk anda. Silahkan disimak dan dicoba dirumah ya.

Cara Memasak Telur Ayam agar Lebih Sehat

Cara Memasak Telur Ayam agar Lebih Sehat Di Tengah Pandemi Covid-19

 

Anda juga dapat memasangkan telur ayang dengan sayuran agar telur ayam yang anda mask menjadi lebih sehat. Telur ayam memang cocok dijadika sebagai lauk saat anda makan sayur mayur. Agar lebih sehat, Anda sebaiknya mengkonsumsi telur ayam dengan sayur-sayuran. Tujuannya adalah menambah serat dan vitamin de kdalam menu masakan. Beberapa menu makanan seperti gado-gado, salat, atau roti isi sayur dan telur bisa menjadi pilihan anda. Anda juga dapat menambahkan sayuran favorit anda ke dalam telur ebus, orak-arik dan telur dadar.

 

Untuk mendapatkan orak-arik maupun telur ceplok dan telur dadar yang lebih sehat, Anda dapat menggoreng telur ayam dengan menggunakan minyak sehat serta panas yang setabil. Salah satunya dengan menggunakan minyak sayur. Anda dapat menggoreng atau menumis telur ayang dengan menggunakan minyak jagung, canola dan juga minyak zaitun. Kemudian goreng telur ayam dalam panas api yang stabil. Hal ini agar tidak mudah teroksidasi dan menjadi radikan bebas yang justru akan membahayakan kesehatan tubuh kita.

 

Untuk mendapatkan olahan telur ayam yang sehat, tentunya kita harus memilih telur yang berkualitas. Kualitas gizi pada telur ayam dapat dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adalah metode peternakan dan pola makan ayam. Saat ini sudah banyak dikembangkan telur ayam organik. Dimana telur ayam aorganik biasanya mengandung nutrisi dan gizi yang lebih baik jika dibandingkan dengan telur ayam pada umumnya. Jadi jika disekitar anda ada yang menjual telur organik, sebaiknya anda memilih itu. Meskipun terkadang lebih mahal, namun lebih menyehatkan untuk dikonsumsi.

 

Untuk mendapatkan olahan masakan telur ayam yang sehat, sebaiknya jangan memasak telur ayam dalam waktu yang terlalu lama. Karena semakin lama dan semakin panas api saat memasak, akan semakin banyak nutrisi telur ayam yang hilang. Menggoreng telur dengan suhu panas yang tinggi dengan durasi yang lama dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam telur ayam. Cukup memasak telur sampai matang agar telur ayam yang anda konsumsi terhindar dari bakteri salmonell. Jangan sampai niatnya hidup sehat namun malah terkena penakit.

 

Demikian informasi mengenai tips memasak telur agar lebih sehat di tengah pandemi Covid-19. Semoga informasi mengenai cara memask telur yang lebih sehat ini bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih telah mengunjungi Peternak Info. Dan sampai jumpa pada tulisan-tulisan yang lainnya.

Tidak ada komentar