Menu
Peternak Info

Manfaat Telur Ayam untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Telur Ayam untuk Kesehatan Tubuh berdasarkan kandungan gizinya

Sebagian besar masyarakat Indonesia mengenal telur ayam sebagai sumber protein hewani. Dimana protein memiliki berbagai mafaat untuk kesehatan tubuh. Diantaranya adalah sebagai sumber energi. Protein juga bermanfaat membantu membangun dan memperbaiki sel / jaringan dalam tubuh. Selain itu protein juga penting dalam proses pembentukan antibodi, serta pembentukan enzim dan hormon. Namun ternyata telur masih memiliki kandungan gizi selain protein. Artinya telur juga memiliki berbagai manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh. Lalu apa sajakah kandungan gizi dalam telur? Apa saja manfaat telur untuk kesehatan tubuh yang lainnya? Berikut ini informasi mengenai kandungan gizi pada telur beserta manfaatnya yang berhasil kami rangkum.

Kandungan Gizi dan Manfaat Telur Ayam bagi Kesehatan Tubuh

Telur ayam mengandung Riboflavin atau yang lebih dikenal dengan sebutan vitamin B2. Dengan kandungan ini telur ayam bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan, metabolisme energi, perkembangan sel darah merah, penglihatan, fungsi sistem saraf yang sehat, nutrisi antioksidan. Perlu diketahui bahwa tubuh kita tidak mampu menyimpan vitamin B2, maka sangat penting untuk selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B2. Agar supaya kebutuhan vitamin B2 kita terpenuhi setiap hari. Mengkonsumsi 2 butir telur dapat mencukupi asupan 24 % kebutuhan vitamin B2 harian.

 

Telur ayam juga mengandung vitamin D. Dimana vitamin D memiliki peran penting dalam penyerapan kalsium dan fosfor. Vitamin D juga pentingnuntuk pemeliharaan tulang dan gigi yang sehat. Juga untuk memelihara fungsi otot yang sehat. Vitamin D juga berperan penting dalam pemeliharaan sistem kekebalan tubuh kita. Bahkan vitamin D sangan disarankan untuk pencegahan Covid-19. Sehingga akan sangat bermanfaar jika kita mengkonsumsi telur di tengan pandemi Covid-19 ini. Kadungan vitamin D terletak pada kuning telur.

 

Kadungan vitamin E pada telur memiliki sifat antioksidan. Dimana anti oksidan pada telur berperan dalam menjaga kesehatan. Sehingaa telur juga memiliki manfaat untuk mejaga kesehatan jantung. Kandungan antioksidan pada vitamin e juga dapat berfungsi dalam peningkatan kekebalan tubuh serta pencegahan kanker. Juga berfungsi untuk menurunkan resiko gangguan mata akibat penuaan serta mencegah penuaan dini.

 

Masih ada kandungan vitamin lain di dalam telur ayam. Diketahui bahwa telur ayam juga mengandung vitamin B5. Asam Pantotenat atau vitamin B5 berperan dalam mengubah makanan menjadi energi dan memecah lemak. Vitamin B5 juga dapat membantu dalam produksi vitamin D. Meski jarang terjadi, kekurangan vitamin B5 dapat menyebabkan kelelahan, mudah marah, matirasa, dan kram otot.

 

Kandungan nutrisi lain yang terdapat dalam telur ayam adalah vitamin B12. Sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Mengubah makanan menjadi energi. Menjaga fungsi kesehatan sistem kekebalan dan saraf. Kekurangan vitamin b12 dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan, penurunan berat badan, penurunan nafsu makan, pusing, sembelit, dan banyak lagi. Tubuh manusia juga tidak mampu untuk memproduksi vitamin B12 sendiri. Maka pentngint bagi kita untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12.

 

Tubuh kita juga memerlukan vitamin A. Dan telur ayam ternyata juga memiliki kandungan vitamin A. Seperti kita ketahui jika Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan kulit, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rambut rontok, masalah kulit, mata kering dan peningkatan resiko infeksi.

 

Telur ayam mengandung zat besi. Zat besi merupakan mineral yang penting dalam pembentukan hemoglobin. Zat besi juga bermanfaat untuk membawa oksigen ke jaringan di tubuh. Zat besi juga penting dalam membantu oto menyimpan dan menggunakan oksigen. Kekurangan zat besi akan menyebabkan kurangnya pasokan oksigen ke jaringan dan organ tubuh. Hal tersebut dapat menimbulkan kelelahan, sakit kepala, insomnia, dan hilangnya nafsu makan.

 

Telur ayam menganfung zat fosfor. Sangat penting dalam pengembangan serta pemeliharaan tulang dan gigi. Zat fosfor pada telur ayam juga berperan penting dalam metabolisme energi dan juga pertumbuhan otot. Kekurangan zat fosfor dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan dan juga nyeri tulang. Manusia dewasa membutuhkan sekitar 1.000 mg fosfor setiap hari.

 

Telur ayam mengandung asam folat yang penting khususnya bagi ibu hamil. Kandungan asam folat dalam telur ayam dapat membantu memproduksi dan memelihara sel-sel baru. Mengurangi resiko cacat lahir pada janin yang dikandung. Asam folat juga berperan dalam pembentukan sel darah merah yang sehat serta menjaga kekebalan tubuh. 

 

Telur ayam mengandung Yodium yang penting untuk kelenjar tiroid. Yodium dibutuhkan untuk menghasilkan hormon yang mengatur laju metabolisme tubuh. Membantu fungsi kognitif dan perkembangan otak. Serta menjaga kesehatan kulit. Jika mengalami kekurangan yodium dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar tiroid atau sering disebut penyakit gondok. Kekurangan yodium juga memnyebabkan tubuh mudah merasa lelah.

 

Telur ayam megandung selenium yang berfungsi menjadi antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Mendukung sistem kekebalan tubuh, fungsi kelenjar tiroid, serta pemeliharaan rambut dan kuku agar tetap sehat.

 

Demikian informasi mengenai manfaat telur ayam untuk kesehatan tubuh yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga informasi mengenai manfaat telur ayam untuk kesehatan tubuh ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke Peternak Info. Sampai jumpa pada postingan yang lainnya.

Tidak ada komentar