Menu
Peternak Info

Mengetahui Tanda-tanda Telur Ayam Telah Rusak

Mengetahui Tanda-tanda Telur Ayam Telah Rusak

Di masa pandemi Covid-19 ini, telur merupakan salah satu bahan pangan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Hal ini karena telur ayam kaya akan kandungan protein dan juga vitamin. Salah satunya adalah vitamin D. Mengkonsumsi vitamin D secara cukup dapat membantu kita untuk terhindar dari serangan virus corona. Sehingga telur ayam banyak disarankan sebagai konsumsi makanan sehat di masa pandemi Covid-19. Selain harganya yang terjangkau, telur ayam juga mudah didapatkan di pasaran. Telur ayam juga mudah diolah menjadi bebrbagai menu masakan.


Namun kita perlu berhati-hati saat akan membeli ataupun mengkonsumsi telur ayam. Jangan sampai kita membeli telur yang sudah rusak, sudah busuk, atau sudak tidak layak konsumsi. Tingginya permintaan di pasaran, mengundang beberapa pedagang nakal yang mengoplos telur baik dengan telur rusak. Tidak hanya itu, kerusakan telur menjadi busuk dan tidak layak konsumsi juga dapat terjadi akibat kesalahan kita sendiri. Mungkin saja kita salah dalam cara penyimpanan telur ini. Jangan pernah mengkonsumsi telur yang telah busuk, rusak atau tidak layak konsumsi. Di dalam telur tersebut biasanya telah terkandung banyak bakteri.


Kita biasanya menyimpan telur ayam pada suhu ruang atau di dalam kulkas. Tentu saja telur yang disimpan di dalam kulkas akan bertahan lebih lama. Hal ini yang mendorong lebih banyak orang untuk menyimpan telur ayam di dalam kulkas. Namun jika sudah terlalu lama, telur yang disimpan dalam kulkas juga bisa rusak dan tidak layak untuk dikonsumsi lagi. Karena seiring waktu, kualitas telur ayam akan terus menurun. Hal ini karena kantong udara di dalam telur ayam akan semakin membesar. Sedangkan putih telur akan semakin menipis. Sebelum mengolah telur ayam, pastikan jika telur tersebut masih layak untuk dikonsumsi.


Lalu, bagaimanakah tanda-tanda telur ayam yang telah rusak, bususk, dan tidak layak konsumsi? Berikut ini beberapa tips untuk mengetahui telur ayam telah rusak sehingga tidak layak untuk dikonsumsi lagi. Informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber.


Mengenali Ciri-ciri Telur Ayam Tidak Layak Konsumsi

Mengetahui Tanda-tanda telur ayam sudah tidak layak konsumsi

Cobalah untuk mengendus telur yang akan anda masak. Tes mengendus adalah metode tertua, paling sederhana dan paling dapat diandalkan untuk mengetahui apakah telur sudah rusak. Telur yang sudah busuk akan mengeluarkan bau busuk yang khas, terlepas dari apakah itu mentah atau dimasak. Jika Anda belum tahu saat telur berada dalam cangkang, pecahkan telur di atas piring atau mangkuk yang bersih dan coba hirup aromanya. Jika ada yang berbau, aduk telur dan cuci mangkuk atau piring dengan air sabun yang panas sebelum digunakan lagi. Jika semuanya berbau normal, artinya tidak ada bau sama sekali, itu pertanda baik bahwa telur masih aman digunakan.


Selain dengan metode penciuman, anda juga dapat menggunakan metode penglihatan untuk mengetahui apakah telur ayam masih layak konsumsi atau tidak. Selagi telur masih dalam cangkangnya, periksa apakah cangkangnya tidak pecah, berlendir, atau bertepung. Kelengketan atau retakan dapat mengindikasikan adanya bakteri, sementara penampilan berbentuk bubuk atau bertepung pada cangkang dapat mengindikasikan jamur. Jika cangkang tampak kering dan tidak rusak, pecahkan telur ke dalam mangkuk atau piring putih bersih sebelum digunakan. Carilah perubahan warna merah muda, biru, hijau atau hitam di kuning atau putih telur, karena ini dapat menunjukkan pertumbuhan bakteri. Artinya telur sudah tidak layak dikonsumsi lagi.


Anda juga dapat melakukan tes apung pada telur ayam untuk mengetahui telur ayam tersebut masih lakayak dikonsumsi atau tidak. Masukkan telur ke dalam mangkuk atau baskom berisi air. Jika telur tenggelam dan bertumpu pada sisinya, itu adalah telur yang sangat segar. Jika tenggelam tetapi duduk tegak dan terhentak di bagian bawah mangkuk atau cangkir, telur tersebut masih segar. Jika miring ke atas atau bahkan mengapung, telur tersebut sudah lama. Putih telur, atau albumen, menjadi lebih encer dan lebih berair. Kuning telur kehilangan sebagian daya apungnya.


Demikianlah sedikit informasi mengenai bagaimana mengetahui tanda-tanda telur ayam yang sudah rusak. Semoga informasi mengenai ciri-ciri telur ayam yang sudah tidak layak konsumsi ini berguna untuk kita semua. Jangan sampai keinginan kita untuk tetap sehat di masa pandemi ini justru membuat kita menjadi sakit karena salah mengkonsumsi telur. Jika anda ragu dengan kondisi telur ayam yang anda miliki, sebaiknya lakukan tips di atas. Sampai jumpa lagi dalam postingan yang lainnya. Terima kasih telah mengunjungi Peternak Info.

Tidak ada komentar